Mata Kuliah Perilaku Berkarya

Pengantar Pendidikan (3 SKS)

Materi pokok meliputi: A. Pandangan tentang manusia (hakikat manusia) dan pengembangannya, meliputi: dimensi individual, sosial, kesusilaan. dan keberagaman. B. Hakikat pendidikan mencakup pengertian. dan unsur-unsur pendidikan, yaitu belajar menghadapi perubahan dan permasalahannya, proses menemukan, menjadi, dan pengembangan diri, proses belajar seumur hidup (peserta didik, pendidik, interaksi edukatif, kontes yang mempengaruhi pendidikan, dan sebagainya). C. Landasan dan azas-azas pendidikan. D. Masyarakat masa depan. E. Aliran-aliran pendidikan. F. Permasalahan pendidikan (relevansi pendidikan, pemerataan, kualitas, dan efektivitas pendidikan serta efisiensi pendidikan). G. Sistem pendidikan di Indonesia. H. Pendidikan dan pembangunan pendidikan nasional (Konsep pembangunan sebagai usaha perubahan terencana, peranan manusia dalam pembangunan, dan peranan pendidikan dalam pembangunan nasional).

Profesi Keguruan (2 SKS)

Materinya meliputi peranan guru dalam administrasi pendidikan (1. Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, 2. Sistem dan Struktur Organisasi Sekolah, 3. Hak, Kewajiban, dan Tanggung jawab guru dalam Administrasi Sekolah. 4. Peranan guru dalam sistem informasi dan ketatausahaaan sekolah); B. Penyikapan tugas dan refleksi profesi keguruan (1. Penyikapan guru terhadap tugasnya meliputi : a. Gambaran tentang tujuan utuh pendidikan, b. Dampak jangka panjang keputusan dan tindakan guru, c. Penyikapan terhadap tugas-tugas guru, kehati-hatian, kedisiplinan, kesabaran, kreativitas, dan kerendahatian). d. Aplikasi penyikapan guru terhadap tugasnya di sekolah dewasa ini; 2. Refleksi profesi guru terhadap tugas-tugasnya yang meliputi: a. Persepsi terhadap tugas keguruan, b. Refleksi terhadap tugas-tugas pengajaran, c. Refleksi terhadap tugas-tugas guru lainnya, d. Kesiapan guru menjalankan tugas, e. Pengembangan diri secara kreatif dan dinamis). C. Kode etik dan ciri-ciri profesi guru. D. Organisasi profesi keguruan (peran organisasi profesi keguruan, aplikasi peranan organisasi profesi keguruan).

Perkembangan Peserta Didik (2 SKS)

Materi pokok meliputi: A. Pendahuluan (perubahan data perkembangan, kedudukan usia dalam perkembangan, faktor-faktor penting tentang perkembangan. B. Rentang kehidupan individu (Pembagian rentang kehidupan, kondisi umum rentang kehidupan, kebahagiaan dan ketidakbahagiaan selama rentang kehidupan). C. Masa Puber (ciri dan kriteria, sebab-sebab pubertas perubahan tumbuh pada masa puber, akibat perubahan pada masa puber, akibat kematangan yang menyimpang, sumber keprihatinan, bahaya pada masa puber, dan ketidakbahagiaan). D. Masa remaja (artinya, remaja dan tahun-tahun masa remaja, perubahan fisik, keadaan emosi, perubahan sosial, minat, dan prkembangan intelek, perubahan moral, minat dan perilaku seks, hubungan keluarga, perubahan kepribadian, bahaya masa remaja, kebahagiaan dalam masa remaja, tugas perkembangan remaja). E. Penutup (Kesimpulan dan Implikasi dalam pendidikan).

Strategi Pembelajaran (2 SKS)

Materi meliputi hakikat belajar dan pembelajaran (pengertian, ciri-ciri, tujuan, unsur-unsur dinamis, prinsip-prinsip belajar serta mplikasinya, Dasar-dasar pengembangan kurikulum (Pengertian kurikulum, Landasan pegembangan kurikulum, komponen dan prinsip pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum); Pendekatan CBSA dalam pembelajaran CBSA dan keterampilan proses); Pendekatan pembelajaran (Pendekatan Behavioristik, Pendekatan Proses Informasi, Pendekatan Humanistik); Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (Pengertian, Kedudukan evaluasi dalam proses pendidikan, Syarat-syarat umum Evaluasi Hasil Belajar, Evaluasi Pembelajaran) ; Masalah-masalah belajar (jenis, cara pengungkapan dan penanganan masalah belajar. Upaya Penanganan Masalah Belajar)