Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian

Al-Islam I (2 SKS)

Pembentukan dan pengembangan kepribadian dan perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai konsep, dalil, dan penghayatan dalam wawasan agama (Islam) khususnya mengenai akidah Islam. Agar daya tanggap persepsi dan pemikiran mengenai Al-Islam tersebut semakin luas, dalam dan rajin dalam pengamalan ajaran tersebut.

Al-Islam II (2 SKS)

Pembentukan dan pengembangan kepribadian dan perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan khususnya berkenaan dengan gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan khususnya berkenaan dengan gejala dan masalah agama (Islam), khususnya mengenai syariat Islam. Agar daya tangkap persepsi dan pemikiran mengenai hal itu semakin luas, dalam dan semakin halus.

Al-Islam III (2 SKS)

Pembentukan dan pengembangan kepribadian dan perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan khususnya gejala-gejala dan masalah keagamaan (Islam), terutama muamalah dan ibadah. Agar daya tanggap, persepsi, dan pemikiran mengenai hal tersebut semakin luas, semakin dalam dan semakin halus.

Pendidikan Pancasila (2 SKS)

Pengembangan sikap dan pengetahuan yang bersumber dari Pancasila Undang-undang Dasar 1945, untuk membentuk kepribadian bangsa yang positif, dapat menjauhi dan mencegah nilai-nilai dan sikap negatif serta diharapkan dapat melahirkan manusia-manusia pembangunan yang berwatak dan bertanggung jawab akan keutuhan kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia secara harmoni.

Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)

Pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa untuk merasa kebangsaan cinta tanah air dan wawasan nusantara serta memahami, menghayati Hankamnas dan menggunakan cara berfikir komprehensif integral.
Rentang kehidupan individu (Pembagian rentang kehidupan, kondisi umum rentang kehidupan, kebahagiaan dan ketidakbahagiaan selama rentang kehidupan); C. Masa Puber (Ciri dan kriteria, sebab-sebab pubertas perubahan tumbuh pada masa puber, akibat perubahan pada masa puber. Akibat kematangan yang menyimpang, sumber keprihatinan, bahaya pada masa puber, dam ketidakbahagiaan); D. Masa remaja (Artinya remaja dan tahun-tahun masa remaja, perubahan fisik, keadaan emosi, perubahan sosial, minat, dan perkembangan intelek, perubahan moral, minat dan perilaku seks, hubungan keluarga, perubahan kepribadian, bahaya masa remaja, Kebahagiaan dalam masa remaja, Tugas perkembangan remaja); E. Penutup (Kesimpulan dan Implikasi dalam pendidikan).